Memulai Ngeblog Dengan Blogspot Untuk Pemula (Newbee)

Sesuai judul, yang akan kita bahas adalah Memulai nge-Blog Dari Awal Dengan Blogspot.  Kalau anda butuh penjelasan mengenai blogspot, silahkan beralih terlebih dahulu ke Nge-Blog di Blogspot Apaan Sih?. Atau tidak usah juga tidak apa-apa, nanti juga mengerti  dengan sendirinya.

Pertanyaan dan Jawaban Alakadar
Q :
Blog, Apasih?
P :
Simpel saja, intinya kita bisa menuliskan status, caption photo, menceritakan sesuatu sebagai diary yang bisa dibaca dimana saja, asal ada jaringan Internet.
Q :
Sama Dong Dengan Facebook dan Media Sosial Lainnya?
P :
Yah, karena blog juga merupakan Media Sosial.
Q :
Apa untungnya Nge-Blog, kalau sama saja dengan Media Sosial lainnya?
P :

PERINGATAN
Kalau anda sudah bisa ngeblog,  sebaiknya anda meninggalkan postingan ini, bahkan anda hanya akan membuang-buang waktu anda dengan berada di sini. Tapi kalau anda masih benar-benar awam dengan Nge-blog, ayo belajar bersama dan mari mulai membaca tulisan ini dengan seksama agar pengetahuan kita sama.

Dengan mengakses postingan ini, saya pastikan anda memiliki HP android dan anda bisa terhubung ke Internet. Dengan modal sebesar itu, percayalah anda sudah bisa memulai Ngeblog di blogspot.



Memiliki android, berarti anda juga memiliki E-mail yang tertanam di HP anda dan bila itu gmail, berarti anda memiliki keleluasaan untuk bisa untuk mengakses seluruh layanan google, salah satunya blogspot. Tapi untuk keamanan, saya sarankan anda membuat E-mail baru dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Kebanyakan orang lupa password E-mailnya, sehingga saat mengganti HP E-mailnya juga ganti. Yang itu artinya, setelah HP baru anda akan kehilangan blog belajar anda (yang akan kita mulai bangun sebentar lagi).
  2. Masih ada sebagian orang yang tidak mempedulikan seberapa pentingnya E-mail. Sehingga tidak mau melihat-lihat fiturnya, termasuk fitur keamanannya.
  3. E-mailnya bukan menggunakan layanan (flatform) google. Sebenarnya bisa menggunakan E-mail apa saja, hanya saja akan lebih mudah dan lebih terintegrasi dengan seluruh layanan google yang nantinya sangat kita butuhkan untuk kebaikan blog kita.

Apabila ketiga pertimbangan saya itu menurut anda tidak berlaku dengan E-mail yang sekarang anda punya, silahkan anda abaikan dan kita lanjut. Namun pastikan dulu anda bisa login dan bisa mengakses kotak masuk E-mail anda, dan mencatat passwordnya.

Kalau menurut anda pertimbangan saya itu beralasan dan anda termasuk dari bagian point 1, 2, atau 3 atau semuanya. Silahkan ikuti dulu Cara Cepat Membuat E-mail Google.

Dengan melanjutkan membaca artikel ini, berarti anda telah siap kejenjang selanjutnya.

Untuk memulai tahap demi tahap membuat blog, saya sarankan anda terlebih dahulu membaca Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Membangun Blog. Atau anda boleh mengabaikannya bila menganggapnya tidak penting.

Tahap Demi Tahap Membuat Blog di Blogspot Sampai Jadi:

1. Buka browser Google atau Crome,
2. Pada kolom pencarian ketik www.blogger.com, lalu jalankan, apabila ternyata account yang aktif bukan account yang anda rencanakan untuk membuat blog, keluarkan (logout).
3. Klik tulisan “CREATE YOUR BLOG” lalu anda akan dialihkan ke pengaturan Google Account, beberapa Account yang ada di HP anda akan muncul, pilih Account yang anda rencanakan untuk membangun blog.
4. Apabila Account gmail yang anda rencanakan tidak muncul, klik “Use another account”,
5. Masukkan E-mail anda di kolom “Email or phone” kemudian klik Next,
6. Kemudian anda diminta memasukkan password, masukkan password anda di kolom “Enter your password” kemudian klik Next.
7. Anda akan dialihkan ke laman “Konfirmasi Profil Anda”
Note: Apabila dari nomor tiga (3) anda langsung dialihkan ke laman “Konfirmasi Profil Anda”, tidak apa-apa asalkan E-mail yang digunakan adalah E-mail yang memang anda rencanakan untuk membangun Blog.
8. Pada laman “Konfirmasi Profil Anda”, isikan kolom “Nama Tampilan”. Ini adalah nama anda yang akan terlihat sebagai Admind di blog anda nanti, juga sebagai nama tampilan Account Google anda di seluruh layanan Google, termasuk saat berkomentar di blog anda ataupun blog orang lain.
9. Setelah memasukkan nama tampilan, klik “Lanjutkan ke Blogger” dan anda akan dialihkan ke Dasboard Blogger.
10. Sampai disini ada dua cara untuk membuat blog anda,
  • Pertama dengan mengklik tanda panah di sebelah tulisan blog baru, lalu klik blog baru yang muncul dari tindakan anda.
  • Kedua, gulir ke bawah sampai menemukan tombol “BUAT BLOG BARU” klik itu. Lalu anda anda akan meihat plumbob.
11. Pada plumbob “Daftar Blog > Buat blog baru itu ada dua kolom yang harus diisi.
  • Pertama kolom Judul, isi kolom judul tersebut dengan rencana nama blog anda,
  • Kedua kolom Alamat, isi sesuai contoh. Misalnya judul blog anda “Blog Pertamaku”, pada kolom  alamat, isikan “blogpertamaku” lalu klik tampilan “blogpertaku.blogspot.com” yang tiba-tiba nongol.
12. Kalau ternyata alamat blog yang anda rencanakan tidak tersedia, coba edit dengan merubah rencana alamat anda dengan mengurangi atau menambah hurufnya lagi. Misalnya dengan menambahkan kata “ini” sehingga alamat blog anda menjadi “blogpertamakuini.blogspot.com”

NOTE: Buatlah alamat blog anda semenarik mungkin. Contoh hanyalah Misal.
13. Setelah alamat blog dinyatakan tersedia, pilih salah satu tema, atau dibaikan saja biarkan blogger memilih otomatis. Klik tombol “Buat blog”
14. Voila..!!! Blog anda sudah jadi..
15. Lalu muncul lagi plumbob tapi kali ini iklan google yang menawarkan domain. Klik “Lain Kali”. Karena saya mau blog anda sama dengan blog saya, blog gratisan. Tapi berkelas.

Sampai disini, saya mau anda keluar dulu dari browser, google atau crome atau mozila atau lainnya hingga HP anda kedalam posisi siaga. Reffres HP anda seperti biasanya, kemudian coba buka kembali browser anda. Pada jendela pencarian, ketikkan lagi www.blogger.com.

Yuhu.. Anda akan langsung dialihkan ke Dasboard Blogger blog anda. Kalo plumboob iklan google menawarkan domain muncul lagi, langsung saja klik “Lain kali” atau tap tanda silang di sebelah kanan atas plumboob.
Note 1 : Sejak pertengahan tahun 2019, google sudah mempublikasikan dashboard blogger model baru yang lebih keren. Bila anda ingin melihat tampilan dan mencobanya, silahkan klik tombol “Coba Blogger baru!” yang terletak di sudut kiri bawah. Tapi sepertinya dalam waktu dekat dashboard blogger akan dialihkan ke tampilan baru ini semua tanpa terkecuali.
Note 2 : Selain tampilan baru, google juga sudah turut membantu para penulis blog dengan menampilkan berbagai pertanyaan online dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu pada dashboard blogger google menampilkan “Mengidentifikasi Kekurangan Konten Online dengan Question Hub”. Saya sarankan anda mengklik “Pelajari lebih lanjut” agar mengetahui konten seperti apa yang masih kurang dan sering dicari pengguna internet.

Disebelah “Pelajari lebih lanjut” ada tombol “Daftar”, saya belum menyarankan anda untuk mengklik tombol tersebut. Tombol itu akan mengalihkan anda ke googlecounsult dan mendaftarkan blog anda di analistyc google. Counsult dan Analystic  penting untuk optimasi blog, tapi kita masih akan merombak template, memasang gadget, dan sebagainya. Dan yang lebih penting lagi, kita belum mempunyai konten.

Soo.. jangan dulu daftarkan blog anda ke counsult dan analistyc google. Nanti kita daftar bareng.

Setelah anda mempelajari mengenai kekurangan konten online, dan memilih beberapa indeks yang mungkin berkesesuaian dengan pengetahuan anda. Saya harap anda kembali lagi ke dashboard blogger, dan menutup pemberitahuan tentang identifikasi kekurangan konten online tersebut dengan mengklik tanda silang di pojok kanan atas pemberitahuan tersebut agar tampilan dashboar lebih luas. Selanjutnya kita akan membuat postingan pertama pada blog kita masing-masing.

Silahkan melanjutkan ke Membuat Postingan Pertama Blog dan Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan, atau bila anda ingin mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dashboard blogger, anda bisa terlebih dahulu beralih ke Mengenal Bagian-Bagian Dashboard Blogger Dan Fungsinya.

Saya tunggu anda di Membuat Postingan Pertama Blog dan Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan.

Komentar