Youtuber, Antara Realita dan Aktivitas Menggiurkan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat IB yang budiman, kali ini IB akan menulis keadaan tanah air yang sangat asik untuk dibicarakan, Youtuber.


Bagaimana tidak menggiurkan, hanya dengan membuat video kemudian bisa mendapatkan penghasilan yang menyaingi gaji presiden. Dan negara kita memang memiliki potensi pasarnya dengan jumlah penduduk yang lebih dari 250.000.000 jiwa, anggap saja 200.000.000 yang sudah bisa ditarget sebagai pasar. Anda ke-pengen..?


Aku sih pengen banget, dan aku faham betul membuat konten yang bisa laris manis itu tidaklah semudah meng-upload video ke Youtube. hehehe
(Aku terkadang pesimistis juga)


https://ipitblog.blogspot.com/2019/02/youtuber-antara-realita-dan-aktivitas.html

Dengan jumlah penduduk ratusan juta, sebenarnya kita bisa saling support dengan saling subscribe. Tapi tentu saja saling membantu teman di Indonesia ini merupakan hal yang rada tabu. Sangat gak biasa, padahal cuma klik doang.


Dan entah kenapa bangsa kita kebanyakan (ga semua sih) sangat bangga apabila ada WNA yang memakai sedikit bahasa kita, kontennya biasa aja menurut IB, tapi pas liat komennya, Wow...!!!! WNI 90 %. Yah sebagai pelaku pencari pasar mereka akan berusaha mendapatkan perhatian bangsa Indonesia, padahal inti-nya agar men-subscribe channel Youtubenya.


Wah, kita udah girang banget. "Orang Korea React Vidio Via Vallen", "Orang Jepang Cover Lagu Tanah Airku", atau memakai kata "Bule" dan sebagainya yang penting judulnya Indonesia banget yang diperankan oleh WNA. Dari judulnya saja sudah jelas kalau target pasarnya ya warganet Indonesia.



Indonesia itu memang sudah terkenal sangat gila pujian (maaf kalau terlalu kasar), tapi tidak semua orang, sebagian besarnya iya, dan sebagiannya lagi apatis, termasuk saya.



Ikut bangga atas Youtuber Indonesia yang telah memegang Golden Button Youtube, Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, delele.



Tapi menurut IB yang paling mengesankan adalah channel Official Sabyan Gambus, walau baru memiliki 5JT Subscriber, tapi itu hanya dengan 9 buah video. Ga kebayang kalo videonya nyamain jumlah video Atta Halilintar.



Yah, Sabyan Gambus memang menampilkan video apik, enak di dengar dan enak juga di lihat. Merdu, dan memang Nisa-nya cantik. hehehe


Sekarang sudah sangat banyak channel youtube anak negeri yang bertebaran, tapi sebagian besar memang kalah saing dengan youtuber luar negeri yang ke-indonesiaan. Mereka sok cinta Indonesia, padahal, entahlah, tapi aku rasa kita yang lebih mencintai Indonesia ini dari pada mereka.


Emang sih, ada beberapa WNA yang pengen banget menjadi WNI dan permohonan mereka masih belum di ACC, sehingga walaupun sudah tinggal di Indonesia lama, bahkan ada yang sudah tua dan ingin mati di Indonesia tetap saja memiliki status sebagai WNA.


Kembali ke pembahasan Youtuber, sebenarnya aku pengen buat sejak lama. Tapi sepertinya aku tidak punya nilai jual. Sehingga aku putuskan untuk mendukung channel anak negeri saja, jadi subscriber. Setidaknya aku punya empat account yang aku gunakan untuk subscribe channel anak negeri, dan aku juga men-subscribe sebuah channel cewe Palestina.


Bukan karena dia cakep, secakep-cakepnya dia jauh cuy. Ga ada untungnya juga kalau cuma karena cakep, itu merupakan rasa simpati saya atas perjuangan Palestina, dan doi juga membuat reaction video-nya Sabyan Gambus, Deen Assalam dan Ya habibal Qolbi, sehingga aku menemukannya.


Bai De Wai, aku sebenarnya pernah diajarin tentang logaritma youtube oleh teman yang tidak perlu saya sebutkan namanya, entar dia malah tenar. Saya akan membagikan ilmu teman saya itu disini sebagai bonus, dan sebagai catatan kalau-kalau suatu saat saya lupa.

1. Rahasia bisa upload banyak video

Tau siapa youtuber paling sukses di Dunia..?

Saya juga tidak tau, tapi saya tau rahasia kenapa channelnya begitu populer sehingga tidak mudah disamai apalagi dikalahkan.

Itu karena setiap harinya channel doi di tonton dan memiliki tambahan subscriber.

Kembali ke sub judul kita, Rahasia Bisa Upload Banyak Video. Seperti channel youtube no 1 dunia tersebut, dia awalnya merupakan channel youtube game, sehingga cuma dengan nge-game sambil komat-kamit doi sudah punya video.

Dirimu bisa main game berapa jam sehari..?
Nah selama itulah video yang bisa kamu hasilkan. Bisa bikin ber episode, sehingga banyak dan karena viewer penasaran doi bisa memiliki waktu tayang yang sangat aduhai.

Selain nge-game, doi juga membuat video vlog. Taukan gimana gampangnya bikin video vlog..?

Ngevlog makan misalnya, kamu butuh berapa waktu untuk makan nasi padang sambil ngomel..?
nah, selama itulah durasi video yang bisa kamu hasilkan pas ngevlog makan nasi padang sambil ngomel.

Selain game dan vlog, youtuber yang bisa menghasilkan banyak video adalah tutorial. Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk memakai baju kemeja panjang sambil ngomel..?

Maka kamu selama itulah durasi video yang kamu hasilkan.

Karena video gamers, vloggers dan tutorial semacam itu hanya membutuhkan sedikit sekali editing. Bahkan mungkin tidak ada, cuma butuh thumbnail keren saja sebagai tampilan muka.

Tapi untuk tutorial, tidak mudah kalau kita membuat video tutorial editing. Seperti tutorial editing video dan editing gambar serta tutorial software lainnya, karena tentu saja membutuhkan sangat banyak editing supaya viewer dapat mengerti teknik yang kita sampaikan.

2. Menjaring Subscriber

Apalah artinya sebuah konten bagus yang tidak memiliki viewer, tapi mending jugalah untuk ngurang-ngurangi penggunaan memori hape. hihihi

Subscriber terberat adalah dari 12 sampai dengan 1025. Pada masa ini sebuah channel membutuhkan perjuangan sangat besar. Mulai dari pasang muka tebal untuk senantiasa promosi channel di media sosial, ngasih tau orang-orang terdekat, dan kadang harus agak maksa.

Tapi ya begitulah kenyataannya kalau youtuber pemula itu bukan orang yang tenar, punya saudara artis, bukan anak pejabat, dan tidak memiliki pergaulan sosial yang luas. Susah berkembangnya. Itu pasti..

Tapi kalau ternyata kontennya bagus, dan banyak yang mau ikut nyebarin videonya, yah bisa jadi subscriber nya akan bertambah seiring berjalannya waktu bila si youtuber itu konsisten menampilkan konten yang memang diminati viewer.

Teknik menjaring subscriber untuk channel baru

1. Pinjam handphone orang terdekat untuk meng-subscribe channel,
2. Minta teman untuk meng-subscribe, kalau ga mau, paksa..!!!,
3. Promosikan di media sosial,
4. Comment di channel orang lain, tapi jangan nyepam,
5. Tanggapi komentar,
6. Buat video bareng youtuber lain, kalau dengan yang udah tenar lebih bagus,
7. Upload Video dari negara lain.

Dari beberapa saran tersebut yang mana menurut anda paling susah dilakukan..?

Coret saja..!! karena itu cuma saran. Yang terpenting adalah, channelmu tayang saja dulu.

3. Membangun Channel yang konsisten

Selanjutnya bagaimana agar channel yang kita bangun bisa konsisten menayangkan video terbaru. Tentu saja ini memerlukan kerja keras yang mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang terpilih. Biasanya karena hobby. Karena kalau tidak hobby, kejenuhan akan lebih mudah timbul.

Apalagi kalau channel yang dibangun sudah memiliki kerja sama dengan adsense, maka sudah pasti harus memiliki video baru yang fresh agar tetap memiliki viewer.

Sebagus-bagusnya video Deen Assalam yang di cover Sabyan Gambus, setelah beberapa kali tonton pasti bosen juga. Dan tentunya traffic view video tersebut akan menurun. Yang itu artinya menurunkan penayangan iklan, yang berdampak dengan pendapatan sang youtuber.

Menurut beberapa teman yang baru memiliki adsense untuk channel youtubenya, mereka menyarankan untuk meng-upload vidio minimal 2 kali setiap seminggu. Semakin banyak semakin baik tentunya.

Nah untuk konsisten memberikan video yang fresh tersebut, maka sebaiknya memiliki kombinasi tayangan. Vlogger, dan tentang apa channel mu dibuat. Ini karena tidak selalu kita memiliki waktu yang cukup untuk mengedit utuh videonya. Kecuali kalau memang sudah mendapatkan gaji yang cukup untuk bekerja sebagai youtuber.

Konsisten disini sebenarnya bukan konsisten menampilkan video yang melulu sesuai dengan kategori channel, tapi konsisten menambah konten video pada channel.

Oleh karena itu, sebaiknya membuat kategori yang tidak terlalu sempit. Misalnya hiburan dan edukasi, kita bisa membuat video vlog yang menghibur dengan mengangkat edukasi ringan. Atau kita bisa membuat konten video edukasi sambil menghibur.

Saya tidak menyarankan untuk benar-benar keluar dari kategori channel, tapi terkadang sesuatu yang baru merupakan surprise bagi sebagian orang.

4. Algoritma Youtube

Nah ini merupakan sesuatu yang sebenarnya layak diketahui oleh semua youtuber. Karena semua sistem komputerisasi pastinya memerlukan algoritma.

Jangan membuat thumbnail yang tidak sesuai dengan konten

Pernah liat video dengan thumbnail yang sangat menarik..?

Misalnya cewek seksi, atau yang berkaitan dengan itu padahal isi kontennya berbeda sehingga mengundang orang untuk mengklik video tersebut, lalu kemudian kecewa dan meninggalkannya. INI, SANGAT, TIDAK, BAIK.

Karena youtube sudah mengetahui kelakuan youtuber nakal seperti itu dan entah sejak kapan youtube merubah logaritmanya sehingga perhitungan view tidak lagi dihitung dengan klik. Melainkan penghitungan dimulai setelah video tersebut diputar selama 30 detik.

Jadi biasakan menonton video minimal 30 detik biar dianggap viewer.

Masalah thumbnail yang tidak sesuai ini juga bisa mempengaruhi seo-nya konten. Bahkan, thumbnail yang tidak sesuai dengan konten bisa dianggap bahaya oleh youtube dan berakhir banned account. Rugi kan..!!!

Optimalisasi Deskripsi Konten

Sampaikan kepada pemirsa hal-hal penting yang berkenaan dengan konten video anda di deskripsi, bagus juga dengan menampilkan link-link video yang berkaitan dengan konten tersebut. Misalnya video selanjutnya, dan sebagainya

Perkenalkan diri anda

Sebagian viewer terkadang kepo dengan pemilik channel, ada baiknya pada deskripsi juga menampilkan media sosial. Tapi tidak sedikit juga channel yang malah tidak diketahui siapa pemiliknya dan dan memiliki subscriber yang banyak. Seperti channel Calon Sarjana dan sebagainya.

Atau buat account khusus, semuanya bernama sama dengan satu @mail. Ini juga dilakukan oleh teman saya dan fans page facebooknya mendapatkan 12.896 like (februari 2019). Dan dia tidak pernah peduli dengan pertanyaan siapa pemiliknya. Mungkin dia beneran tidak vedeh, sama seperti saya.

Optimalisasi Konten

Sama seperti blog, konten video youtube juga bisa dioptimalisasi di mesin pencari dengan menambahkan tag-tag yang ber-ke-sesuai-an. Selain itu juga konten video bisa ditambahkan dengan beberapa link yang menyarankan viewer untuk membuka video lainnya.

Dan optimalisasi yang paling disarankan adalah dengan membuat playlist video, sehingga viewer bisa menemukan video yang berkategori sama.

Namun, tag dan playlist tidak berpengaruh juga kalau judul yang dibuat tidak memiliki daya tarik viewer.

Biasanya, yang mula-mula orang lihat adalah judul, kemudian thumbnail. Walaupun kontennya sudah ditampilkan oleh youtube karena memiliki kategori dan tag yang sepadan, namun tetap saja viewer memilih judul yang menurutnya menarik.

Upload video dari luar negeri

Algoritma youtube sekarang sudah keren sebenarnya, channel yang meng-upload video di suatu negara akan disarankan di negara tersebut.

Misal, kita upload video di Indonesia, maka algoritma youtube akan membaca alamat dimana video itu diupload, kemudian penayangan utamanya ya di Indonesia. Walaupun menggunakan bahasa Inggris, ya tetap prioritas tayangnya di Indonesia.

Sehingga saya sangat menyarankan untuk sesekali meng-upload videonya di luar negeri. Misalnya di Saudi Arabia, maka channelnya juga mendapat prioritas tayang di Saudi Arabia. Dan semakin banyak negara yang menjadi tempat upload, semakin bagus untuk algoritma channel youtuber tersebut.

Optimalisasi Viewer

Ups.. Tapi percuma saja upload video dari luar negeri apabila channel yang dibangun belum memiliki video yang menurut youtube merupakan video favorit. Karena yang dikejar youtuber untuk upload video di luar negeri adalah beranda youtube. Kalau blog sama dengan halaman 1 google pada mesin pencari.

Sehingga saat video youtuber yang favorite itu tampil di beranda youtube, akan memikat orang untuk meng-klik dan menonton.

5. Info Penting

Youtube merupakan perusahaan yang hidup dari iklan, sehingga youtube menganggap youtuber merupakan rekanan-nya yang menampilkan konten untuk dipasangi iklan. Lalu youtuber akan mendapatkan pembagian hasil dari iklan yang ditampilkan pada kontennya.

Soo.. Apabila ada konten video yang menurut youtube lumayan favorite, ditandai dengan banyaknya viewer yang menontonnya sampai selesai, maka video tersebut layak mendapatkan tempat di beranda youtube. Dengan kata lain, iklan gratis dari youtube. Video tersebut ditampilkan di berandanya.

Emmm.. kalau belum punya konten favorite, jangan dulu maksa untuk upload di luar negeri. Walaupun siapa tau juga sih, pas upload di luar negeri kemudian memiliki konten yang layak majang di beranda youtube.

Dan negara kita memiliki potensi yang baik untuk youtuber.

Demikianlah serba serbi antara realita dan aktivitas menggiurkan yang ditawarkan oleh youtube. Saya sendiri sebenarnya tergiur, dan Insya Allah juga akan membuat channel Youtube sebelum youtube merubah algoritmanya lagi.

Ayo putra bangsa, manfaatkan sistem yang ada untuk masa depan bangsa yang lebih cerah.

Lebih dan kurang mohon maaf, kalau ada catatan saya yang salah mohon dikoreksi biar gak salah paham.

Saya juga menyarankan untuk mencari wawasan lainnya untuk mengembangkan diri dan potensi serta pengetahuan mengenai youtuber bila anda ingin menjadi youtuber serius.

Dan..
UPLOAD LAH KONTEN ANDA YANG ORIGINAL, BUKAN UPLOAD ULANG VIDEO ORANG LAIN. Karena konten anda akan di cekal pemiliknya, baik gambar dan suaranya. Baca dulu lah kebijakan privasi youtube ya broo..

Akhirul kalam, Wallahul muwafiq ila aqwa mithorieq, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar